Sabtu, 26 Januari 2008

PAROKI SANTA MARIA BIAK

Paroki Santa Maria Biak termasuk dalam wilayah Dekenat Teluk Cenderawasih Keuskupan Timika yang baru dimekarkan dari dari Keuskupan Jayapuran, pada tanggal 18 April 2004. Visi dan arah dalam karya pastoral Keuskupan tersirat dan tersurat dalam makalah : "Siapkan Jalan Tuhan" juga dalam buku "Membangun Gereja Mandiri" yang merupakan pedoman yang mengikat dalam menentukan rencana kerja Paroki serta buku: "Pedoman Dewan Paroki" yang membantu kita dalam membangun struktur kepemimpinan dalam paroki.

A. Kondisi Umat
Dewan Paroki sampai akhir tahun 2007 belum melakukan statistik jumlah umat di paroki ini. Namun di tahun 2008, akan dilakukan pendataan umat secara kompherensif, sehingga dapat diketahui kondisi statistik jumlah umat yang ada. Sebagai acuan jumlah umat yang ada di paroki, menurut statistik akhir tahun 2006 jumlah umat di paroki sebanyak 2.519 jiwa, berasal dari berbagai suku bangsa, dengan mayoritas dari suku asal Jawa, Maluku, Flores dan Papua (Paniai dan Wamena). Sementara umat asli Biak sangat sedikit jumlahnya.

B. Kring-Kring
Paroki Santa Maria Biak memiliki 13 Kring Teritorial (Kring Gabriel, Stella Maris, Lazarus, Paulus, Ibu Theresa, Sebastianus, Benteng Daud, Petrus, Vincentius, Mikael, Yohanes, Benedictus, dan Kring Gregorius), 2 Kring Katagorial (Kring Deyai Dei dan Kring Kategorial Balim), dan 4 Kring luar kota (Kring Biak Utara, Kring Biak Timur, Kring Biak Barat, Kring Numfor). Mengingat masih adanya kring yang memiliki wilayah cakupan yang cukup luas, maka perlu dipertimbangkan pemekaran, seperti Kring Petrus dan Kring Vincensius.

C. Tim Pastoral
Tim Pastoral Paroki Santa Maria Biak yang secara resmi telah diangkat oleh Uskup adalah Bpk. Aries Sujono dan Bpk. Anton Anau.
D. Penanggungjawab Pastoran
Sejak terjadi kekosongan Pastor Paroki, maka dibentuk Penanggungjawab Pastoral yang terdiri dari Bpk. Aries Sujono, Bpk. Anton Anau, dan Sr. Fidentia, AK yang ditetapkan dengan SK Uskup Keuskupan Timika.

D. Akolit
Akolit yang ada di Paroki Santa Maria Biak adalah : Adam G. Doni (mengundurkan diri), Johanis Sina, Ignatius Nano, F. Patabang, Fredy Pigang, Bonefasius Enci, FX Giyanto (mengundurkan diri), dan Ibu Renny.

E. Suster-suster Abdi Kristus
Pada saat ini ada 3 suster, 2 suster menjabat sebagai Kepala SD (SD St. Yoseph 1 dan SD St. Yoseph 2) dan satu suster menjabat sebagai Kepala BP St. Elisabeth.

F. Persekolahan / YPPK
Paroki Santa Maria Biak melalui YPPK mempunyai 1 TK ‘Sukaria’, 3 SD ‘Santo Yoseph I, II, III’, 1 SMP ’Oikumene’ dan 1 SMA ‘Yos Sudarso’ serta seorang Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) adalah Bpk. F. Patabang, dibantu oleh Badan Penasehat.

H. Kelompok Khusus
Kelompok khusus yang ada di Paroki Santa Maria Biak antara lain: Misdinar, Mudika Paroki, Kelompok Koor Cesilia, Kelompok Anak Sekolah Minggu, Kelompok Doa Pembaharuan Karismatik Katolik (PDKK), KGKB, Balai Pengobatan dan Claudio FM.

1 komentar:

Eddo Charles Marien mengatakan...

Saya teringat masa kecil saya dilingkungan Paroki Santa Maria Biak, walaupun bukan seorang umat katholik tetapi saya merasakan pelayanan dan kasih yang luar biasa dari para suster kepada keluarga kami, terutama kepada salah satu saya yang pernah bersekolah di SD Santo Yoseph 1 dan SMP Oikumene Biak. Tuhan Yesus Kristus Memberkati Pelayan Tuhan dan Hamba Hamba Tuhan di Paroki ini, Amin.